Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility

KEGIATAN

Visitasi Peningkatan Kapasitas Dinas Kesehatan dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Rujukan di RSUD Kabupaten Sukoharjo

Visitasi Peningkatan Kapasitas Dinas Kesehatan dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Rujukan di RSUD Kabupaten Sukoharjo

Sukoharjo – Rabu (16/11/2022) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Visitasi Peningkatan Kapasitas Dinas Kesehatan dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Rujukan di Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan visitasi dilaksanakan di Aula Wijaya Kusuma RSUD Kabupaten Sukoharjo.

Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat (UU RI No.44 Tahun 2009). Rumah sakit merupakan salah satu dari sarana kesehatan tempat menyelenggarakan upaya kesehatan, bertujuan untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat.

Upaya kesehatan diselenggarakan dengan pendekatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventif), penyembuhan penyakit (kuratif) dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif) yang dilaksanakan secara menyeluruh, terpadu, dan berkesinambungan. Di Indonesia, rumah sakit merupakan pusat rujukan pelayanan kesehatan untuk puskesmas baik rawat jalan maupun rawat inap yang bersifat spesialistik. Dalam pelaksanaan tugas rumah sakit, mempunyai berbagai fungsi, yaitu menyelengarakan pelayanan medik, pelayanan penunjang medik dan non medik, pelayanan dan asuhan keperawatan, pelayanan rujukan, pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengembangan, serta administrasi umum dan keuangan.

 

Maksud dan tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah sebagai sarana untuk memantau pelaksanaan pelaporan mutu di rumah sakit terutama Indikator Nasional Mutu (INM) rumah sakit. RSUD Kabupaten Sukoharjo termasuk rumah sakit yang patuh dalam pelaporan INM secara periodik. Pertemuan dibuka dengan sambutan Direktur RSUD Kabupaten Sukoharjo, dr Yunia Wahdiyati dilanjutkan dengan sambutan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh dr.Tatik Murhayati, M.Kes dan yang ketiga adalah sambutan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo yang diwakili oleh Sri Wahyuni SKM.,MM. Rangkaian acara selanjutnya adalah paparan Direktur RSUD Kabupaten Sukoharjo mengenai kesiapan RSUD Kabupaten Sukoharjo dalam penilaian akreditasi standar Kemenkes. Kegiatan visitasi dilanjutkan dengan diskusi mengenai pelaporan mutu termasuk INM. Kemudian dilanjutkan dengan telusur lapangan dan penyampaian rencana tindak lanjut hasil telusur. Dari hasil visitasi ini ada beberapa catatan dari tim visitasi untuk dilakukan perbaikan kedepannya, namun secara umum RSUD Kabupaten Sukoharjo dinilai telah siap menghadapi Akreditasi.