Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility

KEGIATAN

Visitasi Izin Berusaha RSUD Kabupaten Sukoharjo

Visitasi Izin Berusaha RSUD Kabupaten Sukoharjo

Sukoharjo - Rabu (19/5/22) RSUD Kabupaten Sukoharjo kedatangan beberapa visitor dari Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu  (DPMPTSP) Provinsi Jateng, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo dalam rangka “Visitasi Izin Berusaha Rumah Sakit”.

Tim visitasi ini dipimpin oleh dr. Elhamangto Zuhdan, M.KM dari Dinas Kesehatan Provinsi Jateng. Kegiatan diawali dengan telusur lapangan oleh perwakilan PERSI di beberapa ruang pelayanan yaitu IGD, ICU dan IBS. Visitasi secara resmi dibuka di ruang Aula Wijaya Kusuma dan dihadiri seluruh tim Visitasi berikut beberapa perwakilan Instalasi/ Unit, Komite, KSM dan Manajemen. Pembukaan acara visitasi diawali dengan ucapan selamat datang sekaligus paparan profil RSUD Kabupaten Sukoharjo oleh dr. Yunia Wahdiyati selaku Direktur RSUD Kabupaten Sukoharjo. Sambutan juga diberikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo yang menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim visitasi sekaligus memberikan gambaran mengenai beberapa fasilitas layanan kesehatan yang ada di Kabupaten Sukoharjo. Selanjutnya Ketua Tim Visitasi yang berbicara mewakili tim visitasi lainnya juga menyampaikan tujuan dan harapan mengenai proses visitasi ini dalam sambutannya.

Adapun dalam proses visitasi ini dilakukan beberapa kegiatan dengan membagi tim menjadi beberapa kelompok untuk melaksanakan; telusur dokumen persyaratan sesuai ketugasan di instrumen yang mengacu pada PP 47 Tahun 2021 tentang tentang penyelenggaraan bidang perumahsakitan, telusur lapangan yang melihat aspek SDM, manajemen dan pelayanan, sarpras penunjang, tempat tidur, alat kesehatan, lingkungan, PPI dan wawancara mengenai peningkatan mutu dan keselamatan pasien.

Setelah dilakukan seluruh rangkaian kegiatan Ketua Tim Visitasi menyampaikan beberapa evaluasi, rekomendasi dan kesimpulan bahwa permohonan izin berusaha RSUD Kabupaten Sukoharjo dapat disetujui setelah dilakukan perbaikan persyaratan di dalam sistem OSS sesuai ketentuan yang berlaku.

Kegiatan visitasi perpanjangan izin berusaha rumah sakit adalah hal yang paling krusial dikarenakan menyangkut dengan keseluruhan legalitas proses pelayanan kesehatan kepada pasien dan pengunjung rumah sakit dan diharapkan pelaksanaan mutu layanan fasilitas kesehatan di RSUD Kabupaten Sukoharjo tetap terjaga.