Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility

KEGIATAN

Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Visitasi Pemeringkatan Badan Publik RSUD Kabupaten Sukoharjo Tahun 2022

Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Visitasi Pemeringkatan Badan Publik RSUD Kabupaten Sukoharjo Tahun 2022

Sukoharjo – Rabu (16/11/2022) Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah melaksanakan visitasi Pemeringkatan Badan Publik RSUD Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan visitasi dilaksanakan di Aula Teratai RSUD Kabupaten Sukoharjo.

Berdasarkan penilaian atas kuesioner penilaian mandiri atau SelfAssessment Questionnare (SAQ) melalui aplikasi E-monev, Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah menetapkan RSUD Kabupaten Sukoharjo lolos tahap visitasi. Penilaian yang dimaksud merupakan akumulasi dari nilai tahap 1 dan tahap 2. Penilaian tahap 1 merupakan penilaian di bidang kelengkapan data web dan medsos, sedangkan di tahap 2 merupakan penilaian SAQ. Setelah nilai diakumulasi, RSUD Kabupaten Sukoharjo mendapatkan nilai 77,95 dengan status lolos tahap visitasi.

Pemeringkatan Keterbukaan Informasi di Badan Publik memiliki tujuan untuk menilai pelaksanaan Badan Publik dalam menjalankan kewajiban mengumumkan Informasi Publik, menyediakan Informasi Publik, melayani permohonan Informasi Publik dan melakukan pengelolaan informasi dan dokumentasi sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Serta mewujudkan Tata Kelola Informasi Publik atau ke PPID-an dengan memperhatikan aspek komitmen dan kelembagaan PPID, inovasi pelayanan informasi publik dan digitalisasi data sesuai Perki No.1 Tahun 2021 tentang Standar Layanan Informasi Publik.

Kegiatan Visitasi diawali dengan RSUD Kabupaten Sukoharjo memperkenalkan Tim PPID, setelah itu Komisioner KIP Jateng Widi Heriyanto,S.Sos menyampaikan materi sosialisasi dan edukasi tentang penguatan PPID dalam rangka optimalisasi Pelayanan Informasi Publik. Acara dilanjutkan dengan Presentasi dari Direktur RSUD Kabupaten Sukoharjo dr Yunia Wahdiyati mengenai Tata Kelola Informasi Publik PPID di RSUD Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan berlanjut dengan pendalaman ke-PPID-an RSUD Kabupaten Sukoharjo oleh Komisioner KIP Jateng yang dilanjutkan dengan Verifikasi dokumen.

Di akhir kegiatan visitasi Tim Komisioner KIP Jateng sekaligus mengumumkan hasil penilaian visitasi dan mengakumulasi penilaian dari Tahap I, II dan III serta mengumumkan apakah RSUD Kabupaten Sukoharjo memenuhi atau tidak nilai minimal untuk maju ke tahap Uji Publik. Adapun akumulasi nilai yang didapat pada visitasi kali ini diperoleh nilai sebesar 94,5. Sedangkan total nilai rata-rata mulai dari Tahap I, II dan III diperoleh nilai sebesar 83,47 yang berarti lolos ke tahap selanjutnya yaitu tahap Uji Publik. Tahap Uji Publik akan dilaksanakan pada bulan Desember di Semarang.

Selamat kepada Tim PPID Pelaksana RSUD Kabupaten Sukoharjo.