KEGIATAN

Apel Siaga Memperingati Hari Keselamatan Pasien Sedunia Tahun 2020

Apel Siaga Memperingati Hari Keselamatan Pasien Sedunia Tahun 2020

Pandemi Covid-19 merupakan tantangan besar dan menimbulkan dampak di berbagai sektor terutama pelayanan kesehatan. Tenaga kesehatan menghadapi peningkatan risiko paparan virus, tekanan kerja, stigma dan kematian dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Oleh karena itu perlu upaya untuk meningkatkan kesadaran global tentang pentingnya keselamatan tenaga kesehatan dalam hubungannya dengan keselamatan pasien. World Health Organization telah menetapkan tema World Patient Safety Day 2020 yaitu "Health Worker Safety: A Priority for Patient Safety".(Keselamatan Tenaga Kesehatan Merupakan Prioritas Untuk Keselamatan Kita Semua).

Dalam rangka memperingati hari Keselamatan Pasien Sedunia yang jatuh pada tanggal 17 September, RSUD Ir. Soekarno memperingatinya dengan kegiatan Apel Siaga Keselamatan Pasien. Dimana tujuan kegiatan ini untuk mengingatkan kembali kepada para tenaga kesehatan yang bekerja di lingkungan RSUD Ir. Soekarno Sukoharjo untuk tetap menerapkan standar keselamatan pasien seperti menggunakan APD yang tepat dan melakukan Cuci Tangan 6 Langkah sesuai dengan 5 Saat. Di Apel Siaga Keselamatan Pasien kali ini hanya diikuti peserta dengan jumlah terbatas sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan. Namun khidmat dari jalannya kegiatan ini tetap terasa. Selain melaporkan keberhasilan peningkatan Kepatuhan Cuci Tangan Petugas Kesehatan RSUD Ir. Soekarno Sukoharjo yang disampaikan oleh Pembina Apel, Komite PPI juga mengingatkan kembali peserta apel mengenai 5 saat dan 6 langkah cuci tangan melalui kegiatan simulasi yang dilakukan secara bersama-sama.

Semoga upaya-upaya keselamatan tenaga kesehatan ini menjadi budaya yang terus meningkat dan berdampak terhadap peningkatan keselamatan pasien. Ayo Peduli! Keselamatan Tenaga Kesehatan Keselamatan Kita Semua.