SEMINAR KESEHATAN AWAM KHUSUS DALAM RANGKA MAY MEASUREMENT MONTH 2018

HIPERTENSI 1

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg pada dua kali pengukuran dengan selang waktu 5 menit dalam keadaan cukup istirahat/tenang. Hipertensi merupakan salah satu penyebab utama kesakitan dan kematian di Indonesia. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) tahun 2013 menunjukkan bahwa hipertensi merupakan masalah kesehatan dengan prevalensi yang tinggi, mencapai 25,8%. Hipertensi juga disebut sebagai “the silent killer” karena beberapa orang tidak sadar bahwa dirinya ternyata mengalami hipertensi.

SEMINAR 7

Rangkaian acara Bulan Kewaspadaan Hipertensi Dunia (May Measurement Month 2018) diselenggarakan Seminar Khusus Awam. Acara ini berlangsung pada tanggal 4 Agustus 2018 bertempat di Aula Wijaya Kusuma RSUD Ir. Soekarno Kabupaten Sukoharjo.

SEMINAR 3

Kegiatan ini mengusung tema Mengendalikan Hipertensi Untuk Hidup Sehat Bahagia”, dengan rangkaian kegiatan berupa pemeriksaan tekanan darah dan stand promosi produk kesehatan. Acara ini diikuti oleh Tim PKK, Organisasi Wanita dan Kader kesehatan se Kecamatan Sukoharjo sebanyak 100 peserta. Sebagai Narasumber kegiatan ini adalah :

SEMINAR 6

  1. dr. Ardyasih, Sp. PD-KGH dengan materi Mengendalikan Hipertensi Sejak Dini dan
  2. dr. Iman Budiarto, Sp. S dengan materi Mencegah Komplikasi Hipertensi : Stroke

SEMINAR 2

Acara dibuka oleh Direktur RSUD Ir. Soekarno Kabupaten Sukoharjo, drg. Gani Suharto, Sp. KG. Dalam sambutannya Direktur menyampaikan bahwa RSUD Ir. Soekarno Kab. Sukoharjo telah tersedia pelayanan yang mendukung pencegahan dan deteksi dini hipertensi dan stroke, didukung alat kesehatan canggih seperti Transcranial Magnetic Stimulation (TMS). RSUD Ir. Soekarno Kab. Sukoharjo dalam melayani pasien tidak membeda-bedakan pasien baik pasien BPJS dan Non BPJS asalkan pasien mengikuti prosedur yang telah ditetapkan.

SEMINAR 5

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh masing-masing narasumber dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi dimoderatori oleh Kasubag Humas, Hukum dan Informasi, Laila Nurrokhmah, S. Psi, M. Psi.

SEMINAR 4

Diskusi berlangsung sangat hidup, peserta sangat antusias mengikutinya dengan banyaknya pertanyaan yang dibuka tiap sesi. Acara seminar awam ini ditutup dengan foto bersama. Kegiatan rencananya akan dilangsungkan secara berkesinambungan dengan lebih luas pesertanya.

Posting Terkait