TARIF PELAYANAN BARU BERDASARKAN PERATURAN BUPATI Nomor 84 Tahun 2017 Di RSUD Ir. SOEKARNO KABUPATEN SUKOHARJO

Berdasarkan amanat Peraturan Bupati Sukoharjo Nomor 66 Tahun 2011 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi RSUD Kabupaten Sukoharjo yang menindaklanjuti ditetapkannya RSUD Ir. Soekarno sebagai Badan Layanan Umum Daerah, maka mulai 1 Pebruari 2018 tarif pelayanan kesehatan yang dikenakan di RSUD Ir. Soekarno menggunakan tarif baru berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 84 Tahun 2017 tentang Tarif Pelayanan Kesehatan RSUD Kabupaten Sukoharjo.

Tarif pelayanan yang selama ini digunakan menggunakan Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2011 tentang Retribusi Daerah. Berarti  sudah 6 (enam) tahun tarif pelayanan berlaku terhitung sejak tahun 2011 yang tentunya sudah tidak sesuai dengan perkembangan ekonomi dan harga yang berlaku saat ini.

Sebagai institusi yang dikelola dengan menerapkan pola BLUD, RSUD Ir. Soekarno perlu ditunjang dengan sistem pembiayaan yang memadai yang salah satunya perlu adanya pengaturan tarif yang sesuai dengan perkembangan ekonomi dan harga kekinian sehingga RSUD Ir. Soekarno dapat bersaing secara kompetitif dalam melaksanakan pelayanan kesehatan tanpa meninggalkan fungsinya sebagai rumah sakit daerah yang mengemban amanah pelayanan kesehatan di Kabupaten Sukoharjo.

Tarif baru ini sudah melalui kajian panjang dalam prosesnya, antara lain dikaji dengan memperbandingkan tarif pelayanan di beberapa rumah sakit pemerintah dengan type yang sama dan rumah sakit swasta sekitarnya. Adapun rujukan hukum mengacu pada Permenkes Nomor 85 Tahun 2015 tentang Pola Tarif Nasional Rumah Sakit.

Tarif baru ini tidak berpengaruh bagi pasien pemegang kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di RSUD Ir. Soekarno yang menggunakan haknya sesuai dengan kelas kepesertaannya.

Tarif baru ini berpengaruh bagi pasien umum, pasien dengan jaminan Jasa Raharja, jaminan BPJS Ketenagakerjaan dan jaminan asuransi lainnya.

Saat ini terus dilakukan sosialisasi tarif baru pelayanan kesehatan RSUD Ir. Soekarno kepada masyarakat melalui media website (rsud.sukoharjokab.go.id), media massa dan berkoordinasi dengan para stake holders terkait.

Semoga pemberlakuan tarif pelayanan baru ini dapat meningkatkan pelayanan kesehatan di RSUD Ir. Soekarno sebagaimana motto kami Kesembuhan dan Kepuasan Anda adalah Komitmen Pelayanan Kami.

 

Posting Terkait