TES CEPAT TUBERKULOSIS

Cepheid-GeneXpert-crop640

Pemerintah mulai menggunakan alat tes diagnostik cepat, Gene Expert guna mempercepat penemuan kasus tuberkulosis multidrug resistant (MDR) alias tuberkulosis yang kebal aneka obat dan tuberkulosis pada orang dengan HIV.

Permasalahan dalam penemuan kasus tuberkulosis (TB) dan TBMDR ialah keterbatasan metode diagnosis cepat yang valid. Padahal, keterlambatan diagnostik menyebabkan penularan TB dan TBMDR terus berlangsung. Pemeriksaan diagnostik cepat itu menggunakan alat Gene Expert yang mendapat rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Desember 2010. Alat itu dapat memeriksa cepat tuberkulosis yang resistensi terhadap Rifampisin (Rif Resistance), tuberkulosis positif tanpa Rif Resistance, dan tuberkulosis yang sulit terdeteksi.

WhatsApp Image 2017-08-21 at 11.04.46

Pada pertemuan penguatan MTPTRO (TCM) di RSUD Kabupaten Sukoharjo pada Rabu, 16 Agustus 2017 yang dihadiri oleh Tim Dinkes Provinsi Jawa Tengah, Global Fund, KNCV, Tim P2P Dinkes Kabupaten Sukoharjo, BPJS, dan Tim RSUD Kabupaten Sukoharjo di Ruang Nusa Indah RSUD Kabupaten Sukoharjo, disepakati Perjanjian Kerjasama Antara Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dengan RSUD Kabupaten Sukoharjo tentang Pemanfaatan Alat Laboratorium XPert®MTB/RIF (GeneXpert) Dalam Mendukung Program Pengendalian Tuberkulosis dan Layanan Kesehatan Pasien TB-MDR di RSUD Kabupaten Sukoharjo.

WhatsApp Image 2017-08-21 at 11.04.46 (2)

Dengan layanan ini diharapkan  penemuan kasus TB dan TB MDR di RSUD Kabupaten Sukoharjo khususnya dan  umumnya di Kabupaten Sukoharjo menjadi lebih cepat terdeteksi.

Posting Terkait