Transcranial Magnetic Stimulation (TMS) : Alat Seharga 8,7 M Hadir di RSUD Kabupaten Sukoharjo, Terapi Terkini Stroke dan Gangguan Fungsi Saraf Lain

Bertempat di Aula RSUD Kabupaten Sukoharjo pada hari Rabu pagi (19/8) diadakan kegiatan Seminar Kesehatan dan Sosialisasi alat kesehatan yang bernama Transcranial Magnetic Stimulation (TMS). Hadir dalam acara ini Direktur RSUD Kabupaten Sukoharjo, Kabag Humas Setda Kabupaten Sukoharjo, jajaran struktural RSUD Sukoharjo, Organisasi profesi, PKK, Kecamatan serta Kader Kesehatan di wilayah Kabupaten Sukoharjo. Narasumber menghadirkan Dr. dr. Agus Solichien, Sp. S, FICA ahli syaraf dan TMS dari Jakarta serta dr. Dwi Muharyanto, Sp. KJ, M. Kes psikiater RSUD Kabupaten Sukoharjo dan acara dimoderatori dr. Imam Budiharto, Sp. S dokter spesialis syaraf RSUD Kabupaten Sukoharjo.

Acara dibuka oleh Direktur RSUD Kabupaten Sukoharjo drg. Gani Suharto, Sp. KG. Didalam sambutannya Direktur berharap alat seharga 8,7 Milyar ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Sukoharjo serta berharap keberadaan alat TMS ini disosialisasikan kepada warga di Kabupaten Sukoharjo agar dimanfaatkan untuk pelayanan kesehatan. Direktur mengungkapkan alat TMS ini baru dimiliki hanya di dua Kabupaten di wilayah soloraya hanya di RSUD Kabupaten Sukoharjo dan RSUD Sragen serta nasional baru hanya ada 65 unit saja. Patut disyukuri alat TMS sudah dimiliki RSUD Kabupaten Sukoharjo.

RSUD Kabupaten Sukoharjo berharap kedepan menjadi Rumah Sakit rujukan regional dalam menangani pasien stroke dengan mendirikan pelayanan unit stroke yang direncanakan pada tahun 2016 dapat difungsikan di RSUD Kabupaten Sukoharjo. Wadir Administrasi dan Keuangan dr. Nasruddin, M.Kes didalam paparannya berharap warga masyarakat dapat mengenal dan mencintai RSUD Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Sukoharjo pada umumnya. RSUD Kabupaten Sukoharjo bertekad mengutamakan mutu pelayanan, profesional serta bertekad menjadi pilihan masyarakat dan tidak lagi pilihan kedua dalam berobat.

RSUD Kabupaten Sukoharjo mempunyai motto “Kesembuhan dan Kepuasan Anda adalah Komitmen Pelayanan Kami”. Menurut Dr. dr. Agus Solichien, TMS adalah stimulasi melalui tulang kepala dilakukan stimulasi magnet. Dan PMS adalah stimulasi melalui tubuh badan dilakukan stimulasi magnet. Penelitian pertama TMS berhasil dilakukan pada tahun 1985 oleh Anthony Barker dan rekan-rekannya di Rumah Sakit Hallamshire Kerajaan di Sheffield Inggris. Alat ini bisa untuk diagnostik dan terapi dengan cara diulang-ulang.

TMS ini memproduksi medan magnet 2,5 – 4 tesla. Medan magnet sampai menembus tulang kepala dan badan manusia. Dengan TMS ini dapat mengetahui koneksi syaraf antara tubuh dan merangsang stimulus syaraf yang terputus supaya menyambung kembali. Alat TMS diklaim dapat menyembuhkan Stroke dengan 5 kali terapi berturut-turut, vertigo, parkinson bahkan masalah kejiwaan dan terapi berhenti merokok sampai terkilirpun diklaim dapat membantu kesembuhan pasien. RSUD Kabupaten Sukoharjo dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukoharjo berharap warga masyarakat dapat mengetahui serta memanfaatkan secara maksimal alat yang baru dimiliki dua kabupaten di solo raya dan tentunya menjadikan kebanggaan buat kita semua. Di akhir acara semua peserta seminar diperkenankan melihat dan mencoba alat TMS ini di Gedung Elektromedik RSUD Kabupaten Sukoharjo. (sumber : Humas Setda Kab. Sukoharjo)

Posting Terkait